ftth
Teknologi

Mengenal Seputar Jaringan FTTH (Fiber To The Home)

Pernahkah Anda mendengar tentang jaringan FTTH? Mari kita telusuri penjelasan mendalam mengenai FTTH: Singkatan dari Fiber To The Home, FTTH adalah sebuah teknologi jaringan internet yang memanfaatkan kabel serat optik untuk menghubungkan secara langsung antara penyedia layanan internet dan rumah pelanggan.

FTTH memiliki perbedaan mendasar dengan jaringan internet yang menggunakan kabel tembaga konvensional. Teknologi ini menawarkan kecepatan internet yang sangat tinggi, bahkan disebut bisa mencapai hingga 1.000 kali lipat lebih cepat dibandingkan ADSL. Selain itu, FTTH juga menawarkan keandalan lebih baik karena kabel serat optik tidak terpengaruh oleh gangguan elektromagnetik.

Bagaimana Cara Kerja FTTH?

FTTH bekerja dengan mengirimkan sinyal cahaya melalui kabel serat optik untuk membawa data dari penyedia layanan internet ke rumah pengguna. Berikut adalah langkah-langkah rinci operasinya:

Infrastruktur Jaringan: Jaringan FTTH menggunakan kabel serat optik sebagai tulang punggung utama. Kabel ini membentang dari pusat penyedia layanan internet, melewati hub distribusi serat optik (FDH), dan melalui titik akses jaringan (NAP), hingga akhirnya mencapai kawasan perumahan Anda.

Koneksi ke Rumah

Setibanya di lingkungan perumahan Anda, kabel serat optik biasanya dihubungkan ke kotak terminal yang bertindak sebagai titik persilangan. Dari kotak terminal ini, serat optik kemudian disalurkan langsung ke rumah Anda.

Konversi Sinyal

Kabel serat optik membawa sinyal cahaya, sedangkan perangkat elektronik di rumah Anda menggunakan sinyal listrik. Oleh karena itu, ada perangkat yang disebut Optical Network Terminal (ONT) di rumah Anda yang berfungsi mengubah sinyal cahaya menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik inilah yang kemudian dapat digunakan oleh berbagai perangkat Anda, seperti komputer, smartphone, atau televisi pintar.

Secara ringkas, FTTH memberikan kecepatan dan keandalan yang lebih unggul dibandingkan koneksi internet menggunakan kabel tembaga tradisional berkat pemanfaatan kabel serat optik dan teknologi konversi sinyal.

Keuntungan FTTH

1.Kecepatan

FTTH menawarkan kecepatan internet yang sangat tinggi dibandingkan teknologi jaringan tradisional. Proses mengunduh film HD dapat dilakukan dalam hitungan detik, streaming video tanpa buffering, dan bermain game online dengan lancar.

2.Keandalan

Kabel serat optik tahan terhadap gangguan elektromagnetik dan kondisi cuaca buruk, sehingga jaringan FTTH lebih andal dan minim gangguan.

3.Kapasitas

FTTH mampu membawa data dalam jumlah besar dibandingkan teknologi jaringan tradisional, memungkinkan penggunaan lebih banyak perangkat dan layanan secara serentak.

4.Masa Depan

FTTH adalah teknologi yang tahan lama dan dapat mendukung layanan internet masa depan, seperti augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Kekurangan FTTH

Biaya

Pemasangan dan berlangganan layanan FTTH biasanya lebih mahal dibandingkan teknologi jaringan tradisional.

Ketersediaan

FTTH belum tersedia di seluruh wilayah. Namun, dengan Falcom Technology, Anda bisa mendapatkan produk kelengkapan jaringan FTTH. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Kesimpulan

FTTH adalah teknologi jaringan yang menawarkan kecepatan, keandalan, dan kapasitas lebih unggul dibandingkan teknologi jaringan tradisional. Jika Anda menginginkan koneksi internet terbaik untuk rumah Anda, FTTH adalah pilihan tepat.

Kunjungi website Falcom Technology untuk mendapatkan berbagai tipe kabel dan aksesoris untuk kebutuhan perangkat Head End, jaringan internet maupun TV kabel. Kabel yang disediakan oleh Falcom terbuat dari bahan dan kualitas terbaik.

Mereka memastikan bahwa seluruh produk berkualitas dan mampu bertahan di cuaca tropis. Jenis kabel yang tersedia antara lain Kabel Fiber Optik Falcom, Kabel LAN, Kabel Coaxial, dan Aksesoris kebutuhan HeadEnd dan jaringan. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *